PNJ

Perpustakaan

politeknik negeri jakarta


Online OPAC


E-LIBRARY POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

(PERPUSTAKAAN ON-LINE)

Secara terperinci berikut kami sampaikan web online perpustakaan.

Alamat Website perpustakaan: http://perpustakaan.pnj.ac.id/, penelusuran/katalog:http://opac.perpustakaan.pnj.ac.id, dan untuk koleksi ebooks : https://cambridge.org/core

UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta adalah bagian yang tak terpisahkan dari Institusi induknya yakni Politeknik Negeri Jakarta. Sebagai salah satu unit pelayanan yang bertugas dan berfungsi mengadakan, mengolah, menghimpun, menyebarkan, merawat, dan melestarikan bahan pustaka, keberadaan Perpustakaan tentunya sangat di perlukan. Terlebih bagi institusi Politeknik Negeri Jakarta yang mengemban tugas sebagai penyelenggara pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Perkembangan perpustakaan sangat erat kaitannya dengan perkembangan masyarakat. Sejak jaman purba ketika manusia menuliskan tulisannya pada berbagai benda seperti: batu, pohon, dan lempengan, yang kemudian pesan tersebut dapat di sampaikan dari generasi kegenerasi berikutnya atau dari satu suku ke suku yang lainnya banyak dugaan bahwa perpustakaan dalam bentuknya yang sangat sederhana sudah mulai dikenal. Memang pertama kali berdirinya perpustakaan tidak pernah diketahui. Hanya berdasarkan bukti arkeologis di ketahui bahwa perpustakaan pada mulanya tidak lain merupakan sebuah kumpulan catatan niaga. Terlepas dari semua itu, pada kenyataannya dewasa ini perpustakaan sudah sangat maju dan berkembang dengan pesat. Dari mulai perpustakaan konvensional, kemudian dikenal dengan perpustakaan elektronik, selanjutnya dikenal dengan perpustakaan hybrid, dan saat ini dikenal dengan e-library (perpustakaan berbasis web) yakni perpustakaan tanpa dinding dalam artian dapat diakses bukan hanya dari lingkungan perpustakaan itu sendiri akan tetapi e-library dapat diakses kapan dan dimana saja user berada. Perkembangan perpustakaan dari mulai perpustakaan konvensional, kemudian berkembang menjadi perpustakaan elektronik, selanjutnya dikenal dengan perpustakaan hybrid dan saat ini menjadi perpustakaan berbasis web (e-library) tentunya tidak terlepas dari perkembang dan kemajuan teknologi informasi (IT). Karena disiplin ilmu perpustakaan merupakan disiplin ilmu baru sehingga belum cukup mapan untuk mengembangkan teori. Dalam perkembangannya disiplin ilmu perpustakaan tidak dapat berdiri sendiri, oleh karenanya banyak teori dari disiplin ilmu lain yang di terapkan pada ilmu perpustakaan.

Sejarah Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta pun selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi. Baik dari segi system otomasinya maupun bentuk koleksinya. System pelayanan yang semula manual saat ini sudah menggunakan perangkat elektronik serta system yang digunakan sudah berbasis web. Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta sudah dapat diakses bukan hanya dari dalam lingkungan Politeknik Negeri Jakarta, akan tetapi saat ini sudah dapat diakses dari luar Politeknik Negeri Jakarta. Begitupun dengan koleksi bahan pustakanya, UPT Perpustakaan sudah mengoleksi e-book, koleksi berbasis web yang dapat diakses dan di download dari luar Politeknik Negeri Jakarta.

Kemajuan yang sudah dicapai oleh UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta pada tahun 2015 ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras semua pihak. Salah satunya adalah Renstra Politeknik Negeri Jakarta yakni pada tahun 2015 sudah e-library. Target tersebut tentunya sangat berat bagi pengelola perpustakaan, akan tetapi dengan bimbingan, dorongan, dan motivasi yang kuat dari pimpinan serta kerja keras semua pihak, target tersebut benar-benar terwujud pada tahun 2015 ini. UPT Perpustakaan sudah dapat diakses dari luar Politeknik Negeri Jakarta.

Dengan mengakses website PNJ http://pnj.ac.id kemudian klik Perpustakaan, user dapat membuka dan melihat koleksi perpustakaan dengan cara mengklik menu catalog, selain itu user dapat membuka koleksi e-book dengan mengklik koleksi digital, maka koleksi e-book yang tersedia di perpustakaan dapat diakses dan di download.

Secara terperinci berikut kami sampaikan web online perpustakaan. Alamat Website perpustakaan:http://perpustakaan.pnj.ac.id/, penelusuran/katalog :http://opac.perpustakaan.pnj.ac.id, dan untuk koleksi ebooks : http://cambridge.org/core

Dorongan moril maupun materil dari semua pihak sangat dinantikan demi kemajuan perpustakaan di masa kini dan masa mendatang.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kami sampaikan kepada :

  1. Pimpinan Politeknik Negeri Jakarta
  2. Kepala dan staf Pusdatin
  3. Staf UPT Perpustakaan

Selamat memanfaatkan dan menggunakan e-library Politeknik Negeri Jakarta, semoga UPT Perpustakaan dapat membantu sivitasa akademika Politeknik Negeri Jakarta, baik untuk para dosen yang sedang melakukan penelitiannya maupun bagi mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta dalam menyelesaikan studinya.