Prestasi

Hasil capaian yang telah diraih:

 

Program penyediaan layanan pembelajaran dan kompetensi mahasiswa pada tahun 2019, untuk sub bidang:

a.    Kewirausahaan Mahasiswa:

 

1.  Pembekalan dan magang kewirausahaan mahasiswa.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh bidang kemahasiswaan dan diikuti oleh 50 orang mahasiswa. Kegiatan bertujuan agar mahasiswa mempunyai jiwa kewirausahaan dan diharapkan mereka dapat menyusun proposal kewirausahaan. Narasumber pembekalan berasal dari pelaku wirausahawan yang telah sukses berwirausaha, dari reviewer kewirausahaan dikti, dan dari alumni PNJ yang pernah mendapatkan dana PMW dan sukses meneruskan usahanya setelah lulus dari PNJ.  Pagu anggaran kegiatan ini sebesar                 Rp.125.307.000,00 dan kegiatan telah terealisasi memenuhi target yang direncanakan.

Selain dari bidang kemahasiswaan, mahasiswa juga mengadakan kegiatan pelatihan kewirausahaan seperti dari kelompok UKM koperasi mahasiswa (KOPMA). UKM KOPMA mengadakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memotivasi jiwa kewirausahaan mahasiswa, dan meningkatnya daya kreasi serta inovasi para mahasiswa dalam berwirausaha. Diharapkan dari kegiatan kewirausahaan ini dihasilkan para mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan dan dapat menjalankan wirausaha baik selama menjadi mahasiswa maupun setelah lulus kuliah.

Gambar 1. Pembekalan dan Magang Kewirausahaan

2.  Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

Setelah diadakannya pembekalan dan magang kewirausahaan, selanjutnya mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti program mahasiswa wirausaha (PMW). Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengirimkan proposal kewirausahaan dan diseleksi oleh tim panitia dari bidang kemahasiswaan. Mahasiswa diberi kesempatan mempresentasikan program yang akan menjadi wirausahanya dan memperlihatkan produknya. Proposal yang masuk ke panitia sebanyak 17 kelompok, dan berdasarkan hasil seleksi, hanya 14 kelompok yang layak diberikan modal wirausaha. Dari 14 kelompok wirausaha total terdiri dari 44 orang mahasiswa, dengan total pemberian dana sebesar Rp.80.000.000,00.

 

               Gambar 2. Seleksi Proposal dan Pemberian Modal PMW

 

 

3.  Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI)-KBMI

Mahasiswa PNJ lolos seleksi Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kemenristekdikti untuk kategori. KBMI ini adalah wadah untuk mempraktekkan ilmu dan keterampilan berwirausaha yang sudah didapat oleh mahasiswa melalui pemberian modal. Mahasiswa PNJ berhasil lolos seleksi 1 proposal yang didanai mengikuti program KBMI ini sebesar Rp. 15juta, dari 8 proposal yang mengirimkan ke Belmawa Kemenristekdikti. Proposal yang berhasil lolos didanai adalah Kategori Produksi/ Budidaya dengan judul “Inovasi Budidaya Ikan Hias dengan Menciptakan Cladocera and Trash System (CTS) sebagai Sistem Multifungsi yang Mampu Mengefisiensi Biaya, Waktu, dan Tempat” Betta Engineer. Betta Engineer ini adalah nama brand  untuk budidaya ikan hias, khususnya ikan cupang.

 

              Gambar 3. Seleksi Proposal dan Pemberian Modal PMW

4. Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (Expo KMI) X 2019.

Selain Program KBMI yang diselenggarakan oleh Ditjen belmawa Kemenristekdikti, program kewirausahaan lainnya adalah Expo KMI. Expo KMI adalah kegiatan tahunan berupa pameran usaha yang telah dijalankan dan ajang temu bisnis bagi mahasiswa pelaksana kewirausahaan. Dari PNJ yang mengikuti kegiatan Expo KMI X 2019 ini sebanyak 2 kelompok yaitu Kelompok Budidaya ikan hias Betta Engineer (Kategori Produksi/ Budidaya) dan Caffe Jamu (Kategori Makanan dan Minuman). Expo KBMI X ini dilaksanakan di Politeknik Negeri Batam, sehingga PNJ hanya mengirimkan 2 kelompok (5 orang mahasiswa) saja karena keterbatasan anggaran. Hanya 2 orang mahasiswa saja yang didanai oleh Belmawa ristekdikti untuk akomodasi dan konsumsi. Selebihnya anggaran ditanggung oleh perguruan tinggi masing-masing. Expo KMI X 2019 diadakan pada tanggal 22 - 25  November  2019,  di  Politeknik Negeri Batam. 

                                                                                              (a)

     

                                                                                                (b)

 

                   Gambar 4. (a) Stand Expo KMI PNJ dengan 5 peserta mahasiswa PNJ

                                            (b) Para Pengunjung Stand Expo KMI PNJ

 

 

 

b.  Pengembangan Penalaran Mahasiswa terdiri dari:

 

1.  Kompetisi Mahasiswa Berprestasi

 

Kegiatan ini bertujuan memilih Mahasiswa Berprestasi (Mapres). Sesuai target, rencana 1 (satu) kegiatan untuk memilih peringkat 1 Mapres berprestasi tingkat institusi PNJ yang memiliki Karya Ilmiah Unggul” untuk dapat diikutkan pada lomba Mapres tingkat nasional dengan pagu anggaran Rp.103.133.000,00.

Realisasi dari output kegiatan sudah sesuai dengan target rencana atau 1 kegiatan dengan serapan anggaran Rp.65.513.000,00. Proses pemilihan tahap awal dimulai seleksi dari jurusan masing-masing (sebanyak 7 jurusan). Jurusan diminta mengirimkan sebanyak 2 orang camapres untuk diseleksi pada tingkat institusi PNJ, tetapi yang lolos untuk mengikuti seleksi tingkat PNJ total hanya 7 orang mahasiswa dari 5 jurusan ( 1 orang dari jurusan TS, 1 dari jurusan TE, 1 dari jurusan TIK, 2 dari jurusan Akuntasi, dan 2 dari jurusan Administrasi Niaga). 2 jurusan yaitu Teknik Mesin dan TGP tidak mengirimkan wakilnya.  Dari 7 orang camapres tersebut diseleksi kembali pada tingkat PNJ dan dipilih juara 1, 2, 3 untuk Mapres tingkat PNJ. Juara 1 Mapres PNJ diberikan pembinaan dan selanjutnya akan dikirim untuk mengikuti seleksi Kompetisi Mapres Tingkat Nasional.

Outcame kegiatan ini, menghasilkan Mapres tingkat PNJ. 

Gambar 5. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat PNJ

 

2.  Kontes Bahasa Inggris

 

Target rencana kegiatan mahasiswa mengikuti lomba bahasa Inggris tingkat nasional yaitu National Polytechnic English Olympic (NPEO). Sebelum pelaksanaan lomba NPEO, diadakan dahulu lomba Local Polytechnic English Competition (LPEC), tingkat PNJ. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun pola pikir peserta agar menjadi lebih kritis yang akan mengasah kemampuan serta menghasilkan calon-calon yang diharapkan dapat berkompetisi dalam acara Kegiatan NPEO. NPEO merupakan ajang perlombaan besar bahasa Inggris yang diikuti seluruh mahasiswa Politeknik seluruh Indonesia, tentunya membutuhkan peserta-peserta unggulan. Oleh karena itu perlu disiapkan guna mendapatkan prestasi sebaik-baiknya yang dapat mengharumkan Institusi Politeknik Negeri Jakarta. LPEC diikuti mahasiswa PNJ dari 7 jurusan, baik yang tergabung dalam UKM bahasa Inggris (PEC) maupun yang tidak tergabung. Pelaksana kegiatan LPEC ini diorganisir oleh UKM PEC dan di arahkan oleh bidang kemahasiswaan PNJ. Realisasi output kegiatan terlaksana sesuai target dari mahasiswa 7 jurusan   mengikuti kontes  hingga  terseleksi juara 1, 2 dan 3 untuk kategori:

a. Debating contest

 

b. Story telling

 

c. News Casting

 

d. Speech Contest

 

Dari para juara 1, 2, dan 3 LPEC tingkat PNJ tersebut selanjutnya diberi pelatihan dan pembekalan untuk dipilih yang terbaik mewakili PNJ mengikuti NPEO ke 7, tanggal  28 April-3 Mei 2019, di Politeknik Negeri Bali. Outcame dari kegiatan ini, PNJ berhasil membawa juara 2 News Casting, dan Finalis Speech (Kategori Master).

 

 

                                                                                                                               (a)

     

                                                                                      (b)

Gambar 6. (a) Tim PNJ Juara 2 News Casting

              (b) Tim PNJ Peserta NPEO ke 7

 

3.  Lomba Robot Cerdas Antar Mahasiswa PNJ

 

Dari target rencana 1 (satu) kegiatan, 3 tim robot PNJ berhasil lolos proposal untuk mengikuti lomba Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Regional 2 di Institut Teknologi Nasional Bandung, tanggal 2 - 4 Mei 2019 yaitu tim Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI) dengan nama tim EL-FORZA18, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) Ya Salam 18 dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda dengan nama tim VEROCIA 18.

Realisasi output kegiatan sudah sesuai target rencana yaitu 3 tim robot berhasil mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat regional 2 yang diselenggarakan di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, tanggal 19-23 Juni 2019. Hasil pada tingkat regional 2, PNJ menjadi juara 3 untuk KRAI dan KRSTI memperoleh Juara Artistik Terbaik. PNJ berhasil  meloloskan 1 tim ke tingkat nasional yaitu tim KRAI. Pada tingkat nasional, Tim KRAI belum berhasil mendapatkan juara. 

 

                                                                                               (a)

 

                                                                                                 (b)                        

                  Gambar 7.  (a)  KRI Regional 2 Tim KRSTI Juara Artistik Terbaik

                                      (b)  KRI Nasional di Udinus Semarang

 

4.  Kompetisi Mobil Listrik Mahasiswa

 

Target rencana kegiatan yaitu terseleksinya proposal untuk mendapatkan tim desain prototype untuk lomba Mobil Listrik yang akan dipersiapkan untuk mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) XI Tingkat Nasional, di Politeknik Negeri Bandung, yang diikuti seluruh Politeknik di Indonesia. Realisiasi output kegiatan adalah  ikut sertanya  1 tim mobil listrik (KMLI) PNJ untuk kategori mobil mini formula, dengan bahan bakar Listrik yang dihasilkan dari sumber listrik baterai lithium polimer. Penilaian kategori adalah percepatan, pengereman, daya tanjak, kecepatan, slalom, dan efisiensi. Pada lomba ini tim KMLI PNJ juara 1 untuk kategori Slalom.  

Outcome dari kegiatan ini adalah PNJ dapat mengirimkan tim mobil listrik ke Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) XI di Politeknik Negeri Bandung.

Gambar 8.  Tim KMLI PNJ

          

5.  Lomba sains terapan mahasiswa.

 

Dari  target rencana kegiatan terhimpunnya 17 proposal dari 7 jurusan di lingkungan PNJ mengikuti Lomba Sains Terapan (LST). Realisasi output kegiatan terlaksananya seleksi proposal karya ilmiah mahasiswa. Diharapkan dengan hasil karya pada LST ini diikutkan pada program kreativitas mahasiswa (PKM) 2019 yang diselenggarakan oleh Belmawa ristekdikti. Berdasarkan hasil seleksi proposal dan juga presentasi diperoleh juara 1,2,3, dan juara harapan 1, 2, dan 3 serta selanjutnya akan dikembangkan menjadi prototype produk. 

                           Gambar 9. Lomba Sains Terapan PNJ 2019

6. Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pada tahun 2019, PIMNAS Ke-32 diselenggarakan di Universitas Negeri Udayana dalam 5 bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Pada Pimnas kali ini PNJ berhasil lolos seleksi 2 tim PKM-KC, tim dari jurusan Teknik Elektro, prodi Teknik Elektronika Industri dan Telekomunikasi. Peserta Pimnas ini diseleksi berdasarkan hasil monev PKM. Proposal PKM dari PNJ yang lolos seleksi pendanaan sebanyak 3 tim PKM, tetapi yang lolos masuk Pimnas hanya 2 tim. Pimnas ke 32 ini dilaksanakan pada tanggal 27-31 Agustus 2019, di Universitas Negeri Udayana.

          

 

                                                                                                 (a)

 

                                

                                                                                      (b)                       

          Gambar 10.  (a) Tim Pimnas PNJ bersama peserta Pimnas lainnya

                                  (b) Tim PNJ sedang presentasi hasil karya PKM nya

 

7. Lomba Jembatan Indonesia Dan Bangunan Gedung Indonesia

Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) merupakan kegiatan rutin tahunan yang menjadi ajang kompetisi bergengsi nasional bagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia, yang penyelengaraannya diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan salah satu Perguruan Tinggi di tanah air. Berdasarkan hasil  desk evaluation yang dilakukan oleh panita KJI XV dan KBGI XI terhadap sejumlah proposal yang masuk, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) mendapat kesempatan mengikuti tahap final untuk 2 (tiga) kategori jembatan  dan 1 (satu) kategori Bangunan Gedung, yaitu : Jembatan model Cable Stayed (tim KJ-12 dengan nama jembatan KARANI), Jembatan model Pelengkung (tim KJ-09 dengan nama jembatan ANTARAJA), dan Bangunan Gedung (tim V-SAGERA dengan nama bangunan LAMSTRAC'O HOUSE).

Ada 3 (tiga) kategori Jembatan yang dikompetisikan dalam KJI XV di Politeknik Negeri Jakarta tahun 2019 ini, yaitu : (1) Jembatan model Cable Stayed; (2) Jembatan model Pelengkung ; (3) Jembatan Rangka Baja Berskala Jalan Raya. Tema KJI XV yang diusung pada tahun 2019 ini adalah “Jembatan Kokoh, Ringan, Indah, dan Inovatif”. Tema KBGI XI yang diangkat adalah “Bangunan hunian bertingkat, Futuristik, Tahan gempa, Dan Ramah Lingkungan”.

Untuk KJI XV Kategori Jembatan Model Cable Stayed, PNJ berhasil membawa predikat:, Kategori Jembatan Terindah, Kategori Terinovatif, Kategori K3 Terlengkap, dan Juara 1. Untuk kategori jembatan Model Pelengkung, PNJ hanya berhasil membawa juara Harapan 2. Untuk KBGI XI, PNJ berhasil membawa predikat : Kategori Futuristik dan Ramah Lingkungan, Kategori Kreativitas dan Rancang Bangun, dan Kategori Metode Pelaksanaan Konstruksi.                                             

 

                          Gambar 11. (a) Juara KBGI Kategori Futuristik dan Ramah  Lingkungan, Kategori Kreativitas dan Rancang Bangun

                                               (b) Juara Kategori Metode Pelaksanaan Konstruksi                                     

                                               (c) Juara Kategori Jembatan Terindah, Kategori Terinovatif, dan Kategori K3 Terlengkap

                                               (d) Juara Harapan 2 Jembatan Model Pelengkung

                                               (e) Juara 1 Jembatan Model Cable Stayed

 

8. Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional

     Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI/2019 berlangsung pada 28 Juli s.d 4 Agustus 2019 di Universitas Syiah Kuala, Aceh. PNJ mengirimkan 5 mahasiswa untuk bidang Lomba Tilawatil Quran, Tartilil Quran Putra, Tartilil Quran Putri, Hifzhil Quran 5 juz Putra, dan Hifzhil Quran 5 juz Putri. Sebelum mengirimkan wakil dari PNJ ke MTQ tingkat nasional, terlebih dahulu dilakukan seleksi tingkat PNJ melalui ajang lomba MTQ tingkat PNJ. Dari juara MTQ tingkat PNJ ini diberikan pelatihan sebelum mengikuti MTQ tingkat nasional. Pada MTQ tingkat nasional ini PNJ belum berhasil menjadi juara.

 

c.  Pengembangan kegiatan mahasiswa terdiri dari:

 

Dari rencana target pengembangan kegiatan mahasiswa dalam menyelenggarakan event-event terkait semua bidang penalaran, teknologi, olahraga, dan seni. Kegiatan  dilaksanakan seluruh UKM PNJ dengan serapan anggaran Rp.495.978.000,00 dan juga oleh pembina bidang kemahasiswaan.

Outcome dari kegiatan ini adalah mahasiswa aktif dalam mengembangkan kegiatan kemahasiswaan yang bertujuan meningkatkan jiwa sosial, keimanan, dan juga semangat bertanding mengikuti ajang kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional untuk meraih prestasi. Berikut pengembangan kegiatan kemahasiswaan.

1.  Penyusunan rencana kerja bidang kemahasiswaan Tahun 2020.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan seluruh organisasi mahasiswa (MPM, BEM, Himpunan jurusan, UKM-UKM, dan BO), Ketua jurusan dan juga sekretaris jurusan bidang kemahasiswan dari 7 jurusan. Kegiatan berlangsung tanggal 11-12 April 2019, bertempat di Hotel Green Peak dengan tema: “Sinergi Program Kemahasiswaan untuk Mendukung Politeknik Negeri Jakarta Berdaya Saing”.

Outcame dari kegiatan adalah dihasilkannya rencana program kerja bidang kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan untuk anggaran tahun 2020. 

  Gambar 12. Penyusunan Rencana Kerja Bidang Kemahasiswaan

 

2.  Kegiatan peningkatan karakter dan kepribadian mahasiswa.

Dari  target rencana 1 (satu) kegiatan yaitu  terlaksananya   pembinaan karakter mahasiswa untuk 100 mahasiswa. Realisasi kegiatan terlaksana sesuai target kegiatan yaitu  sebanyak 100 mahasiswa dari 7 jurusan di PNJ mengikuti pembinaan karakter mahasiswa. Kegiatan dilaksanakan di Resort Puri Ayuda, Cisarua Bogor, pada tanggal 27-28 Oktober 2019.

 

   

          Gambar 13. Pelatihan Peningkatan Karakter dan Kepribadian Mahasiswa

 

3.  Pembinaan karakter lembaga formal kemahasiswaan.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan lembaga formal organisasi kemahasiswaan sebanyak 100 peserta mahasiswa. Outcame kegiatan ini adalah menjadikan mahasiswa lebih mempunyai jiwa pemimpin dan dapat membawa lembaga formalnya mempunyai prestasi yang membanggakan serta berkarakter.

 

                                             

           Gambar 14.  Pembinaan Karakter Lembaga Formal Kemahasiswaan

                                  

4.  Penyusunan Buku Panduan Kemahasiswaan.

Peranan Perguruan Tinggi dalam hal ini Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) adalah turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui proses pembelajaran yang terselenggara dengan baik. Hal itu dapat diwujudkan dengan implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dari berbagai elemen, termasuk dari mahasiswa.

PNJ sebagai fasilitator berkewajiban untuk memberikan layanan yang terbaik sesuai dengan hak-hak yang seharusnya didapatkan oleh mahasiswa. Oleh karena itu, PNJ harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa. Dengan mengacu pada pentingnya layanan untuk mahasiswa, diperlukan buku panduan yang mendeskripsikan syarat dan ketentuan mahasiswa mendapatkan layanan, serta hal-hal apa saja yang dapat dilayani. Buku panduan ini berisi tentang layanan Pengembangan Minat dan Bakat, Program Mahasiswa Wirausaha, Beasiswa, Bimbingan dan Konseling, Kesehatan, dan Pembinaan Karakter. Buku panduan ini menjelaskan secara rinci dengan maksud ada kejelasan informasi terkait hak-hak yang bisa didapatkan oleh mahasiswa selama belajar di PNJ.

Selain itu diperlukan juga buku panduan organisasi kemahasiswaan yang merupakan panduan pelaksanaan setiap kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada di Politeknik Negeri Jakarta. Kegiatan organisasi kemahasiswaan merupakan suatu keniscayaan yang menjadi bagian dari tolak ukur kehidupan kampus yang dinamis. Ragam kegiatan terkait dengan keorganisasian, merupakan salah satu ajang dalam melatih mahasiswa bekerjasama dan bertoleransi dalam pergaulan masyarakat luas,      

Namun demikian harus ada suatu integrasi harmonis antara kemampuan akademik dan organisasi. Terlebih dengan beragamnya organisasi maka perlu wadah dari kegiatan kemahasiswaan, kerena organisasi kemahasiswaan memiliki peran sentral sebagai penyiapan tenaga potensial dalam mengungkit denyut nadi pemberdayaan bangsa. Buku panduan ini diharapkan dapat menjadi satu perangkat acuan dalam seluruh kegiatan organisasi kemahasiswaan PNJ.

Kegiatan penyusunan buku panduan layanan kemahasiswaan dan panduan organisasi kemahasiswaan telah dilakukan pada tanggal 18-19 Oktober 2019, di Hotel Green Peak, Cisarua. Kegiatan penyusunan panduan dilakukan oleh bidang kemahasiswaan PNJ bersama sekjur bidang kemahasiswaan, dan pimpinan organisasi kemahasiswaan. Outcome kegiatan adalah dihasilkannya buku Panduan Layanan Kemahasiswaan dan Panduan Organisasi Kemahasiswaan.

 

 Gambar 15. Kegiatan Penyusunan Buku Panduan Kemahasiswaan

d.   Mahasiswa berprestasi unggul dalam minat dan bakat terdiri dari:

Kegiatan ini bertujuan mahasiswa dapat mengikuti ajang-ajang lomba/ kompetisi untuk meraih prestasi yang memuaskan. Prestasi-prestasi lomba yang berhasil diperoleh diantaranya sebagian adalah:

 

1.  Business Administration Competition VI, 18-21 Oktober 2019, Politeknik Negeri Samarinda, Juara 1 dan juara Harapan I Kategori Meeting Planner; Juara 2 Kategori Filling,  Juara 2 Kategori Business Plan, Juara 2 Kategori Presentation Skill,  Juara2 dan juara 3 Kategori Web Design; Juara 3 dan Harapan 3  Kategori Master Of Ceremony; Juara 3 Kategori Secretarial; dan Juara Harapan 1 Kategori Typing. Anggaran terserap sebesar Rp.64.800.000,00.

 

 

 

 

 

 

 

 

              Gambar 16. Peserta BAC VI

 

2.  Kompetisi Majalah Kampus, PNJ Juara Umum I, Kategori Terbaik Desain dan Layout, Kategori Individu Terbaik I Desain Sampul, Kategori Foto dan Ilustrasi, 18-21 September 2019, Politeknik Media Kreatif Jakarta.

 

                      Gambar 17. Juara Umum I Majalah Kampus

 

3.  Kompetisi Akuntansi Airlangga, Juara I, 26-27 Oktober 2019, Universitas Airlangga.

 

Gambar 18. Juara I Kompetisi Akuntansi UNAIR

4.  Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN), Juara I Kategori Perencanaan Bisnis Bidang TIK, 10-13 September 2019, Politeknik Caltex, Riau.

 

            Gambar 19. Juara 1 Perencanaan Bisnis Bidang TIK

5.  Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN), Juara III Kategori IoT Smart Innovation Challenge, 10-13 September 2019, Politeknik Caltex, Riau.

 

                 Gambar 20. Juara 3 IoT Smart Innovation Challenge

6.  Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN), Juara III Kategori Pengembangan Aplikasi Permainan, 10-13 September 2019, Politeknik Caltex, Riau.

 

            Gambar 21. Juara 3 Pengembangan Aplikasi Permainan

7.  Lomba Civil Engineering Festival (Civfest), Juara I Kategori Beton Civfest, 21-28 Maret 2019, Politeknik Negeri Jakarta.

8.  Kompetisi Pariwisata Indonesia 10 Kategori Tourism Speech Contest, Juara II, 24-25 April 2019, Politeknik Negeri Bandung.

 

 Gambar 22. Juara 3 Tourism Speech Contest

9.  Lomba IoT Smart Innovation Challenge/ ITK-Icon (Internet of Things Competition), Juara II, 1-3 November 2019, Institut Teknologi Kalimantan.

 

 

 

 

 

 

10.   Lomba KIROFEST Kategori Line Follower Microcontroller, Juara II, 19 Oktober 2019, Politeknik Manufaktur Bandung.

 

11.   Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAV) III, Juara III jenis Lomba Dexagon War, Juara I Best Artikel, Juara III Best Presenter, 17-20 Juni 2019, Politeknik Negeri Sriwijaya.

 

                                    Gambar 23. Tim OAV III

12.   Lomba Electro Activities Programme (E-Time), Juara Favorit, 8-12 April 2019, Politeknik Negeri Jakarta.

 

 

 

 

13.   Lomba Java Accounting Competition (JAC), Juara III, 24-26 Februari 2019, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

 

 

 

 

 

 

                        

                  Gambar 24. Sertifikat Juara III JAC 2019

14.   Lomba IPB Accounting Competition (IAC), Juara III, 15-17 November 2019, Institut Pertanian Bogor.

 

Gambar 25. Sertifikat Juara III JAC 2019

15.   Lomba Business Plan Competition NAFTEX 2019, Juara 3, 21 September 2019,  Universitas Brawijaya.

 

Gambar 26. Juara 3 Business Plan Competition NAFTEX 2019

 

16.   Kejuaraan Pencak Silat Open 2 tingkat dewasa, Juara I, 25-27 Juli 2019n Universitas Negeri Jakarta.

17.   Kejuaraan Hanifan YK Championship Pencak Silat, Juara II untuk Kategori Tanding Kelas F Putra, Tanding Kelas D Putri, dan Tanding Kelas E Putri, 3-6 Oktober 2019, di Gelora Sabilulungan Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

18.   Kejuaraan Hanifan YK Championship Pencak Silat, Juara III untuk Kategori Tanding Kelas B Putri, dan Tanding Kelas C Putri. Seni Tunggal Putra, dan Seni Tunggal Putri, di Gelora Sabilulungan Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

 

 

 

 

 

 

 

File Nama File Format Type
image/jpeg